Peringati Hari Ibu Camat Kluet Utara Gelar Lomba Tradisional

Kategori : Seni, Budaya & Hiburan Rabu, 30 November -0001


Dalam rangka memperingati Hari Ibu tahun 2021, Camat Kluet Utara, Misbah S.Ag menggelar perlombaan tradisional, ayunan anak, tampi beras, sapa linto, dan lomba pawai busana, Sabtu (18/12/2021).

Adapun egiatan ini dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) dan diawali dengan tumbuk tepung, berlangsung di halaman Terminal Terpadu Kota Fajar, Kecamatan Kluet Utara tersebut dibuka oleh Sekda Cut Syazalisma S.STP selaku mewakili Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran.

Juga hadir para Kepala SKPK, para Camat, Imum Mukim, para Keuchik se-Kluet Utara, tokoh masyarakat, dan undangan lainnya. Peserta lomba kaum ibu - ibu dari 21 gampong dalam Kecamatan Kluet Utara.

Sekda Cut Syazalisma mengatakan, hakikatnya peringatan Hari Ibu adalah untuk mengingatkan kepada seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda sebuah momen kebangkitan bangsa.

"Melalui penggalangan rasa persatuan dan kesatuan kaum perempuan yang tidak di dapat dipisahkan dari perjuangan bangsa Indonesia," sebutnya.

Menurutnya, di era modern saat ini, perempuan mempunyai akses dan kesempatan yang sama dengan laki - laki dalam berbagai hal.

"Antara lain kesempatan untuk memperoleh pendidikan, mendapatkan pekerjaan, berperan aktif dalam politik dan sebagainya," ujarnya.

Untuk itu, melalui peringatan Hari Ibu, kiranya menjadi momentum untuk mendorong berbagai pihak agar memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam sektor pembangunan pada akhirnya,lanjutnya.

Hal ini dapat memberikan keyakinan yang besar bahwa perempuan mampu meningkatkan kualitas hidup, serta mengembangkan segala potensi dan kemampuan sebagai penggerak perubahan.

"Atas nama pemerintah daerah, kami mengapresiasi pelaksanaan berbagai perlombaan dalam rangka memperingati Hari Ibu Tahun 2021 di Kecamatan Kluet Utara," ucapnya.

Sementara itu Camat Kluet Utara, Misbah S.Ag mengatakan kegiatan memperingati Hari Ibu ini yang jatuhnya tanggal 22 Desember ini ada beberapa kegiatan yang akan kita laksanakan selama 3 hari, dan dihari ketiga kita akan berikan hadiah kepada 9 orang ibu janda, yang sukses mendidik anaknya.

"Momen ini kita buat karena dimana dijaman modern seperti sekarang ini, budaya leluhur jaman dahulu hampir tenggelam, maka kita kembali melestarikannya supaya tidak tenggelam", ungkapnya.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32