Pemkab Aceh Selatan Launching RTH-Keren

Kategori : Wisata & Lingkungan Rabu, 25 September 2019

Tapaktuan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melaksanakan launching Ruang Terbuka Hijau Kreasi, Edukasi, Rekreasi, Ekowisata, dan Nursery (RTH-Keren).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Percepatan Pembangunan Aceh Selatan, Ir Norman DS, berlangsung di Taman Pala Indah, Gampong Pasar, Kecamatan Tapaktuan, Rabu (25/9/2019).

Turut hadir para Kepala Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK), Sekwan DPRK Aceh Selatan H Halimuddin SH MH, Pimpinan Bank Syariah Cab. Tapaktuan, Zufri SH, unsur Forkopimcam Tapaktuan, dan undangan lainnya.

Staf Ahli Bupati, Ir Norman DS mengatakan, bahwa nama Taman Pala Indah resmi ditetapkan dengan Keputusan Bupati Aceh Selatan nomor 616 tahun 2019 tentang penetapan nama, lokasi dan luas RTH di Kecamatan Tapaktuan.

"Karena RTH semakin hari terus berbenah ke arah yang lebih baik, dan dengan melakukan kolaborasi bersama berbagai instansi. Saat ini lahirlah inovasi baru dengan istilah RTH-Keren” yaitu taman yang kreasi, edukasi, rekreasi, ekowisata dan nursery," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala DLH Aceh Selatan, Mirjas Syahputra S.Si menyampaikan untuk merealisasi progaram RTH Keren, pihaknya telah menandatangani MOU bersama dengan Dinas Perpustakaan, Dinas Parwisata, Satpol PP, Poltas dan LSM/NGO.

"Di RTH-Keren nanti akan tersedia fasilitas seperti pojok baca, pembuatan spot foto dan promosi wisata, sosialiasi pengetahuan lingkungan hidup ke sekolah," jelasnya.

"Selain itu juga memberi pembelajaran pembibitan tanaman dan pembuatan polybac ramah lingkungan, pemutaran film lingkungan hidup akan berlangsung pada Sabtu dan Minggu, Training Wisata dan Konservasi habitat penyu, merancang jetsky dan perahu pengutip sampah, serta optimalisasi pos keamanan" Lanjutnya.

"Manfaatnya, tersedia ruang publik berkonsep RTH-Keren sebagai tempat kreasi, edukasi, rekreasi, ekonomis dan nursery dengan terwujudnya lingkungan sehat, indah, bersih. Selain itu mendorong peningkatan ekonomi usaha seperti restoran/cafe," pungkasnya. (Is)

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32