Wakil Bupati Aceh Selatan : Peran Arsip Sangat Penting

Kategori : Pemerintahan Senin, 07 Oktober 2019

Tapaktuan, Wakil Bupati (Wabup) Aceh Selatan Tgk Amran menyatakan, peran arsip sangat penting dan strategis dalam menyiapkan berbagai data dan informasi secara baik.

Hal itu disampaikannya pada acara Launching Penerapan E-Arsip Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan di halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Jalan Teuku Cut Ali Tapaktuan, Senin (7/10/2019).

Maka dengan begitu, lanjut Wabup Tgk Amran, generasi yang akan datang dapat mengakses data autentik yang diperlukan.

"Kelemahan pengelolaan kearsipan secara manual oleh pemerintah dapat diatasi dengan melakukan transformasi manajemen kearsipan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi," sebutnya.

Menurutnya, pengelolaan kearsipan secara manual oleh pemerintah selama ini mempunyai beberapa kelemahan antara lain, membutuhkan ruang dan tempat penyimpanan yang besar, resiko kerusakan arsip akibat bencana.

"Selanjutnya juga membutuhkan sumber daya manusia yang relatif banyak serta waktu pencarian arsip yang lama. Kelemahan tersebut kini dapat diatasi dengan manajemen kearsipan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi," paparnya.

Kendati selama ini, meskipun dilakukan secara manual organisasi perangkat daerah (OPD) telah memiliki kesadaran akan pentingnya menata dan menjaga arsip.

"Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Selatan terus melakukan inovasi, agar kedepannya OPD kemampuan pengelolaan arsip berbasis elektronik semakin optimal yang disesuaikan dengan standar nasional," harapnya.


Sebelumnya, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Selatan Darwis Aziz S.Pd menjelaskan, aplikasi yang akan di launching ini masih banyak kekurangannya salah satunya adalah belum tersedianya sarana dan prasarana yang memadai.

"Sehingga keinginan kita bahwa setiap opini SKPK di Kabupaten Aceh Selatan dapat melakukannya sendiri terkait dokumen - dokumen penting melalui aplikasi ini," jelasnya.

Acara tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Kearsipan Aceh atau yang mewakili, unsur Forkopimda, para Asisten, para Kepala SKPK, unsur Forkopimcam Tapaktuan, dan undangan lainnya.(ATX)

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32