Sebanyak 60 Pasang Pasutri di Aceh Selatan Jalani Isbat Nikah

Kategori : Agama Rabu, 30 Oktober 2019

Tapaktuan, Sebanyak 60 pasangan suami istri (Pasutri) di Kabupaten Aceh Selatan menjalani isbat nikah, berlangsung di Gedung Rumah Agam, Jalan Nyak Adam Kamil Tapaktuan, Rabu (30/10/2019).

Program atas kerjasama antara Dinas Syariat Islam (DSI) Provinsi Aceh dan Pemkab Aceh Selatan itu dibuka oleh Asisten I Setdakab Aceh Selatan Erwiandi S. Sos M.Si selaku mewakili Bupati Aceh Selatan.

Dalam acara tersebut juga diserahkan buku nikah secara simbolis oleh Asisten I Erwiandi kepada perwakilan pasutri. Turut hadir unsur Forkopimda, Kepala SKPK, saksi dan famili para pasutri yang akan mengikuti Isbat Nikah.

Adapun pasutri yang menjalani Isbat Nikah meliputi dari Kecamatan Labuhan Haji, Labubanhaji Timur, Kluet Utara, Kluet Timur, Trumon, dan Kecamatan Trumon Timur.

Asisten I Setdakab Aceh Selatan Erwiandi mengatakan, bahwa dalam rangka menjalankan amanat undang - undang, pemerintah daerah wajib memberikan pelayanan kepada masyarakat demi mewujudkan tertib administrasi kependudukan.

"Guna perlindungan dan pengakuan terhadap penentuan status pribadi dan ketetapan identitas hukum masyarakat dengan melaksanakan isbat nikah," ujarnya.

Menurutnya, hal ini disebabkan, karena pernikahan yang tidak dicatatkan di KUA serta banyak perkara isbat nikah yang telah diputuskan di pengadilan agama tidak dicatatkan di KUA akibat konflik yang berkepanjangan di Aceh.

"Dengan tidak tercatatnya pernikahan di KUA, maka tidak dapat dicantumkan nama ayah pada akta kelahiran," sebutnya.(ATX)

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32