Pemkab Asel Sosialisasikan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk

Kategori : Pemerintahan Kamis, 21 November 2019

Tapaktuan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mengsosialisasikan program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) terhadap para Keuchik.

Acara tersebut dibuka oleh Asisten I Setdakab Aceh Selatan Erwiandi S.Sos M.Si, bertempat di Aula Dinas Pariwisata, Jalan Teuku Ben Mahmud, Tapaktuan, Kamis (21/11/2019).

Dalam arahannya, Asisten I Erwiandi mengatakan, kegiatan sosialiasi gerakan Indonesia sadar administrasi kependudukan ini merupakan momentum yang penting dalam memantapkan dan meningkatkan kualitas dan juga kuantitas penerbitan dokumen identitas bagi seluruh penduduk.

"Sekaligus menyongsong implementasi program penerapan kartu identitas anak serta menyamakan persepsi dan juga pemahaman yang utuh serta mendalam dari substansi undang - undang nomor 24 tahun 2013 tentang administrasi kependudukan," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini juga akan dilakukan evaluasi perkembangan pelaksanaan program dan kegiatan administrasi kependudukan serta menyusun langkah - langkah yang efektif untuk melanjutkan pelaksanaan program adminduk .

"Administrasi kependudukan semakin penting dan strategis sejak diterbitkan dan diundangkannya undang - undang nomor 24 tahun 2013 tentang administrasi kependudukan semua bersifat perorangan," sebutnya.

Sebelumnya, Kepala Disdukcapil Aceh Selatan H Lahmuddin S.Sos menjelaskan, kegiatan ini bertujuan agar nantinya para keuchik di Aceh Selatan dapat memahami atau memberi pemahaman kepada masyarakat di masing - masing desa dalam pengurusan adminduk.

"Perlu kita ketahui, segala pengurusan kepentingan administrasi kependudukan mulai dari KTP, akta kematian, kartu keluarga, dan surat pindah, tidak dipungut biaya apapun, semuanya gratis," jelasnya.(IS)

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32