Kepala Kantor Kemenag Aceh Selatan Gelar Upacara HAB Ke-74

Kategori : Pemerintahan Jumat, 03 Januari 2020

Tapaktuan,Kantor Kementerian Agama (Kakemenag) Aceh Selatan melaksanakan upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-74 Kementrian Agama RI Tahun 2020, Jum'at (3/1/2020).

Upacara yang berlangsung di halaman kantor bupati lama, Jalan Syech Abdurra'uf Tapaktuan itu sebagai inspektur upacara Plt Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran.

Sedangkan perwira upacara Kakanmenag Aceh Selatan Rislizar Nas A.Ag, dan komandan upacara Sasfinda Jufri S.Ag ( Guru MAN Tapaktuan)

Acara tersebut dihadiri unsur Forkopimda, Sekda H Nasjuddin SH MM, para Asisten, Kepala SKPK, pejabat di lingkup Kakemenag Aceh Selatan.

Selain itu juga turut hadir para pensiunan ASN Kakemenag, para Pimpinan Dayah, Kabag Humas Setdakab Aceh Selatan Drs Ramli Tanjung, dan undangan lainnya.

Upacara HAB ke-74 yang mengusung thema, “Umat Rukun, Indonesia Maju”, diikuti seluruh pegawai Kakemenag Aceh Selatan, dewan guru dan siswa - siswi dalam lingkup Kementerian Agama.

Plt Bupati Aceh Selatan Tgk Amran menyampaikan amanat Menteri Agama RI diantaranya menyebutkan, Agama dan Negara saling membutuhkan dan saling mengokohkan untuk kebahagiaan hidup manusia.

"Saya perlu menegaskan disini bahwa penguatan identitas keagamaan dan penguatan identitas kebangsaan tidak boleh dipisahkan, apalagi dipertentangkan, tetapi harus dalam “satu kotak” untuk melahirkan moderasi beragama dan bernegara," sebutnya.

Dikatakan, penguatan identitas keagamaan bila dipisahkan dari spirit bernegara dapat melahirkan radikalisme beragama. Sebaliknya penguatan identitas bernegara bila dipisahkan dari spirit beragama dapat memberi peluang berkembangnya sekularisme dan liberalisme.

"Keshalehan beragama dan loyalitas bernegara harus saling mendukung satu sama lain. Kita dapat menjadi umat beragama yang shaleh sekaligus menjadi warga negara yang baik," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan HAB ke-74, Ustadz Khairuddin S.Ag MA (Kasie Haji dan Umroh Kakemenag Aceh Selatan) seusai acara menjelaskan, peringatan HAB ke-74 juga dirangkaikan dengan berbagai kegiatan.

"Kegiatan - kegiatan ini berupa perlombaan yang diikuti jajaran Kakemenag Aceh Selatan," jelasnya.(ATX)

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32