Plt. Bupati Aceh Selatan Launching Produk Madu Asli Buloh Seuma

Kategori : Pemerintahan Senin, 16 Maret 2020

Tapaktuan,Pelaksana tugas (Plt) Bupati Aceh Selatan Tgk Amran melaunching produk madu asli Buloh Seuma, Kecamatan Trumon, berlangsung di Politeknik Aceh Selatan (Poltas), Senin (16/3/2020).

Adapun logo yang dilaunching yakni, Produksi Jaringan Madu Hutan Buloh Seuma (JMHBS) binaan USAID Lestari dan Politeknik Aceh Selatan.

Acara tersebut turut dihadiri unsur Forkopimda, Sekda H Nasjuddin SH MM, Eha Juleha (Usaid Lestari), para kepala SKPK, para Camat, Tokoh Masyarakat Trumon, dan undangan lainnya.

Plt Bupati Aceh Selatan Tgk Amran mengatakan, seiring telah dipatenkannya produksi JMHBS ini maka harga madu asli Buloh Semua sudah tentu bakal bagus dipasaran nantinya.

"Kami berharap pertahankan mutu dan persediaan, karena nantinya pasar dipastikan akan bertambah," harapnya.

Selain itu, ia menyatakan bebasnya Buloh Seuma dari terisolir tidak terlepas peran bupati periode 2008 - 2013, Tgk Husin Yusuf S.Pd.I yang telah berjuang membangun jalan.

"Sehingga daerah terisolir di kampung - kampung orang tua saya yang dulunya belum bisa masuk sepeda motor, hari ini sepeda motor telah bisa parkir di depan rumah masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Poltas Dr. Muhammad Yasar S.TP M.Sc mengutarakan, Poltas selama ini melakukan kegiatan pembinaan terhadap petani madu Buloh Seuma.

"Hal ini sesuai visi Poltas menjadi Politeknik inovatif berbasis sumber daya lokal, berdaya saing nasional dan berwawasan global," jelasnya.

Dalam pembinaan petani madu, tambahnya, Poltas difasilitasi USAID Lestari melakukan kegiatan pendampingan, pembinaan, pembentukan kelompok usaha, manajemen usaha hingga pemasaran.(IS)

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32