Pemkab. Aceh Selatan Akan Berupaya Mencegah Masuknya Virus Corona

Kategori : Kesehatan Selasa, 17 Maret 2020

Tapaktuan,Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan akan berupaya mengantisipasi dan mencegah masuknya virus corona atau covid19 ke Aceh Selatan.

Hal itu menjadi pembahasan serius dalam rapat koordinasi antara Forkopimda dan dinas terkait yang berlangsung di Aula Setdakab Aceh Selatan, Jalan Teuku Ben Mahmud Tapaktuan, Selasa (17/3/2020).

Sekdakab Aceh Selatan H. Nasjuddin SH MM mewakili Plt. Bupati Tgk Amran dalam rapat tersebut menyatakan, persoalan covid19 harus diwaspadai.

"Presiden RI sudah mengeluarkan instruksi penanganan virus tersebut. Kemaren kita sudah menindak lanjuti surat dari Gubernur Aceh untuk meliburkan anak - anak sekolah," ujarnya.

Begitu juga, lanjutnya, barusan pihaknya juga sudah menerima surat edaran Mendagri RI tentang penceghan corona dilingkungan penerintah daerah.

"Salah satunya penanganan ini harus didukung oleh dana, antara lain kebutuhan rumah sakit daerah, pengadaan masker dan lain - lain. Untuk kebutuhan ini kita harus merevisi anggaran, dengan pengurangan pembiayaan perjalanan dinas," sebutnya.

Menurutnya, untuk mencegah ini ada beberapa langkah yang dilakukan termasuk pintu - pintu keluar masuknya perjalanan. Hanya saja terkendala dengan alat yang dibutuhkan oleh pos - pos tersebut..

"Tetapi kalau kita sudah kompak satu kata untuk melawan corona, pasti langkah pencegahan yang kita lakukan ini akan terlaksana," tegasnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinkes Aceh Selatan, Novi Rosmita SE M.Kes menjelaskan, bahwa ciri - ciri i covid19, adanya batuk pilek, dan demam di atas suhu 38.

Faktor resiko adanya riwayat keluar negeri, dan dari kota kota yang terjangkit, resiko kedua ada kontak lngsung dengan kovid 19, atau tertularnya dari hewan yang terjangkit.

"Tetapi kalau hanya demam biasa dan tidak kontak dengan orang luar berarti itu demam biasa, dan kalau sudah terjangkit, pihak kami tetap menanganinya," jelasnya.

Ia berharap, untuk menenangkan masyarakat perlu adanya bantuan unsur Forkopimda dan unsur Muspika untuk menyediakan alat perlindungan diri.(ATX)

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32