Kasus Positif Covid-19 Meningkat, Aceh Selatan Terancam Masuk Kategori Zona Merah

Kategori : Pemerintahan Sabtu, 01 Agustus 2020

acehselatankab.go.id - Seiring dengan terus bertambahnya kasus positif Covid-19, status Kabupaten Aceh Selatan yang saat ini zona kuning akan mengarah ke zona merah, hal ini diungkapkan oleh PLT Kepala Dinas Kesehatan Novi Rosmita, SE, M.Kes via seluler Sabtu (01/08/2020) di Tapaktuan.

Menurutnya, jika dilihat dari grafiknya yang terus meningkat,, sepertinya Kabupaten Aceh Selatan segera akan ditetapkan sebagai zona merah oleh Pemerintah Pusat.

"Karena dalam ketentuannya itu, jika terjadi penurunan kasus akan  ditetapkan menjadi zona hijau, jika mendatar tetap menjadi zona kuning tapi jika terus naik grafiknya dapat dipastikan akan ditetapkan menjadi zona merah,” jelasnya.

Hingga Jumat 31/07/2020, kasus positif Covid -19 di Kabupaten Aceh Selatan sudah mencapai 15 orang dengan perincian 2 orang sudah sembuh dan 13 orang sedang menjalani perawatan. Dari 13 orang yang sedang menjalani perawatan tersebut sebanyak 6 orang diantaranya adalah petugas dari Dinas Kesehatan yang menjalani isolasi mandiri.

Dari rapat koordinasi FORKOPIMDA yang dilakukan secara daring melalui aplikasi ZOOM pada Sabtu, 01 Agustus 2020, telah dirumuskan langkah strategis dalam rangka antisipasi kenaikan jumlah kasus positif Covid-19 ini, diantaranya Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan akan segera menyiapkan ruang isolasi dan karantina bagi pasien positif Covid-19 khususnya bagi orang tanpa gejala (OTG). Hal ini sesuai Instruksi Gubernur Aceh melalui surat  nomor 440/10813 tanggal 30 Juli 2020.

Selain itu rencana proses belajar dengan tatap muka yang semula direncanakan pada 10 Agustus 2020 mendatang, akan ditinjau ulang kembali. Hanya sekolah di wilayah Kecamatan yang bukan termasuk zona merah yang akan melaksanakan proses belajar dengan tatap muka. Hal ini disampaikan oleh Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran secara langsung dalam arahan pada acara vidcon tersebut (Tim)

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32