Diskominfosan Aceh Selatan Gelar Pelatihan Jurnalistik Secara Online

Kategori : Pemerintahan Jumat, 20 November 2020

Diskominfosan Aceh Selatan menggelar Pelatihan Jurnalistik secara Online dengan tema “Usaha pembangunan Aceh Selatan berkelanjutan, dan penangkalan informasi HOAX yang kini terus tumbuh subur”.

Adapun acara tersebut yakni, diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) atau pejabat struktural yang mengelola media instansi Masing-masing di Aceh Selatan, Jumat (20/11/2020).

Kegiatan yang dilakukan melalui Zoom tersebut, menghadirkan dua pemateri di antaranya Bapak Teguh Anantawirakma Chief External Affairs Officer PT. Cakrawala Andalas Televisi (ANTV) dan Anggi Muliya Ma'mur Maneger News Sport dari Jakarta.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Informasi Komunikasi dan Persandian, Suhasmi, S.Sos, MM.

Dalam kesempatan itu Suhasmi menyampaikan, kegiatan ini untuk belajar bagaimana menjadi seorang jurnalistik yang punya kompetensi berkomunikasi, agar dapat menjadi orang yang komunikatif.

“Sekarang banyak berita-berita HOAX beredar dimedia-media, baik itu media online maupun media metrix, jadi untuk menjadi seorang jurnalistik kita harus bisa membuat berita-berita hoax itu menjadi positif" katanya.

"Jurnalistik menyangkut kompetensi menulis, jadi ini perlu kita pelajari serta kita latih agar kita punya kompetensi tersebut, sehingga terpercaya karena dapat menulis dengan baik artikel, berita, yutube dan sebagainya", sambungnya.

“Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan dari para nara sumber, yaitu Teguh Anantawirakma yang memaparkan tentang bagaimana menjadi seorang jurnalistik harus bisa menempatkan subjek, objeknya dan juga memahami kalimat dengan mudah dicerna dan menarik bagi pembaca.

"Untuk menarik minat pembaca ada hal-hal yang perlu kita ketahui selain kode etik, misalkan cara membuat angle dan pengambilan foto juga vidionya", ucapnya

“Tentunya ada rumus dan jurus-jurusnya. Maka, kompetensi ini menjadi tantangan jurnalistik yang harus bisa dimiliki ASN untuk mengaplikasikan program-program pemerintah dalam sebuah produk jurnalistik agar bisa dikenal oleh publik,” jelasnya.

Selanjutnya Anggi Muliya Ma'mur memaparkan tentang sudut pandang pemberitaan media pemerintah, baagi mana menggali potensi daerah, baik cara penulisannya maupun pengambilan vidio agar bisa menarik minat pembaca.

Pelatihan yang diadakan hanya satu hari oleh ketua panitia dari Diskominfo Aceh Selatan Rahmat ST, sangat bermamfaat bagi peserta pelatihan, selain mendapatkan ilmu juga meningkatkatkan kompetensi dibidang jurnalistik untuk informasi Aceh Selatan Hebat. |ATX|

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32