Bupati Aceh Selatan Lepas Kafilah MTQ XXXV Tingkat Provinsi

Kategori : Agama Rabu, 15 Juni 2022

Bupati Aceh Selatan, Tgk.Amran melepas 75 orang kontingen (kafilah) Kabupaten untuk mengikuti ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke- 35 tingkat Provinsi Aceh tahun 2022 di Kabupaten Bener Meriah.


Adapun pelepasan kontingen tersebut turut dihadiri oleh Forkopimda, para Asisten, Kepala Dinas Syariat Islam, Kepala Dinas Dayah, Kakankemenag Aceh Selatn, Kabag Kesra Sekdakab Aceh Selatan, dan para kafilah MTQ Aceh Selatan, berlangsung di Hall Pendopo Bupati Aceh Selatan, Rabu (15/6/2022) malam.


Bupati Aceh Selatan dalam sambutannya Musabaqah Tilawatil Quran ini merupakan ajang untuk mendekatkan jiwa umat islam kepada kitab suci Al-quran serta meningkatkan semangat membaca, mempelajari, dan mengamalkan Al-quran dalam kehidupan sehari-hari.


Even MTQ Ke-35 tingkat Provinsi Aceh di Kabupaten Bener Meriah ini berlangsung mulai tanggal 18 - 25 Juni 2022, dan ini merupakan momentum bagi kafilah Aceh Selatan untuk menampilkan yang terbaik, sebagaimana yang telah diperoleh selama menjalani pembinaan maupun dari pengalaman yang telah didapati selama ini, semata-mata dengan niat untuk mengagungkan Al-quran.


"Kami sangat yakin malam ini, kafilah yang kami banggakan ini bisa menjadi juara dan menguasai cabang yang akan diperlombakan sesuai bidang masing-masing", ucapnya.


"Kami juga optimis keberangkatan kafilah Aceh Selatan ke Bener Meriah bukanlah untuk memeriahkan saja, namun InsyaAllah akan memberikan yang terbaik dari tiap cabang yang diperlombakan, membawa amanah untuk mewakili Kabupaten Aceh Selatan",sambung Bupati.


Ditambahkan beliau, kepada Ketua kafilah beserta para official agar dapat melaksanakan amanah yang dipercayakan ini dengan sebaik-baiknya, dengan diiringi dengan semangat serta niat yang tulus untuk beribadah dalam upaya mengajak masyarakat mencintai, memahami dan mengamalkan Al-quran, katanya.


Lanjutnya, para kafilah harus senantiasa mengharumkan nama Aceh Selatan dengan
menjaga sikap dan tingkah laku, serta kesehatan, sehingga nantinya dapat tampil dengan optimal juga memberikan hasil yang terbaik, harapnya.


" Pada MTQ sebelumnya kita sudah pernah meraih prestasi dan jadikan itu semangat kita untuk dipertahankan dan ditingkatkatkan pada tahun ini",ungkapnya.


Sementara itu, Ketua Panitia Indra Hidayat S.Ag, M.Ag melaporkan kegiatan ini bertema " Berkumpul, berhimpun, bertekat, bersemangat menuju Aceh Selatan Hebat".

Adapun cabang MTQ yang diikuti yakni,
1. Atrtil Quran,
2.Tilawatil quran,
3.Cacat netra,
4.Qira'at Sab'ah Mujawwad,
5.Qira'at sab'ah murattal,
6.Tahfids 5, 10, 20, 30 juz, Sarhil qur'an,
7.Fahmil qur'an, Khattil que'an Gol.naskah, dekorasi dan kotemporer,
8.Karya tulis ilmiah quran'an, Tafsir bahasa Indonesia
9.Tafsir bahasa inggris.

"Para peserta telah dibekali dengan pelatihan secara kontinyu, baik didalam maupun luar kota", tutup kadis.(*)

Diskominfosan Asel

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32